Selasa, 31 Juli 2012

Rahasia Jangka Panjang Sang Kacang Panjang

Tidak banyak yang mengenal Rahasia Jangka Panjang Sang Kacang Panjang. Padahal pastinya sudah banyak yang mengenal dan biasa  menjadikan kacang panjang ini sebagai santapan sayur atau urapan dan lalapan. Kacang panjang sudah dikenal luas oleh masyarakat kita.

Tumbuhan kacang panjang merambat dan dapat tumbuh di mana saja mulai tegalan, sawah, pematang, dan pekarangan rumah. Dia dapat tumbuh dengan baik di tanah gembur dan mengandung humus, dapat menahan air dan PH-nya 5,5 - 6,5. Tanaman asal Afrika ini dapat tumbuh pada ketinggian 1 - 1.000 m di atas permukaan laut.

Bunga tumbuhan ini terdapat pada ujung tangkai yang panjang, berwarna putih, kuning atau biru dan mekar di pagi hari. Buah tanaman yang disebut kacang perut ayam (Melayu) ini berbentuk polong dan panjang dapat mencapai 75 cm. Bijinya bulat panjang dengan lekukan di tengah, berbentuk seperti ginjal, berwarna merah tua, putih, hitam serta belang-belang.



Perbanyakkan tumbuhan ini adalah dengan biji yang disebar dan hasilnya dapat dipanen setelah berumur 10 - 16 minggu.

Manfaat kacang panjang sangat banyak, antara lain: antikanker, kanker payudara, leukemia, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.

Berikut ini adalah beberapa cara pengolahan kacang panjang untuk mencegah dan mengatasi beberapa penyakit:
 
1. Kacang panjang untuk mengatasi pembengkakan
Gunakan 200 gram kacang panjang, 20 gram bawang putih, gula merah secukupnya dimasak menjadi sup dan dimakan secara teratur.
 
 

2. Kacang panjang untuk peluruh kencing
Ambil 150 gram seluruh bagian tumbuhan kacang panjang, 30 gram kulit semangka direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc saring airnya dan diminum.

3. Kacang panjang untuk mengatasi sakit pinggang
200 gram biji kacang panjang, 20 gram jahe merah, dan 25 gram kencur direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring airnya dan diminum.
 
4. Kacang panjang untuk meningkatkan stamina
100 gr kacang panjang, 5 buah angco dibuang bijinya, 25 gram kencur direbus dengan air 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring lalu tambahkan madu secukupnya, airnya diminum, angco, dan kacang panjangnya dimakan.

5. Kacang panjang untuk mengobati batu ginjal 
200 gram kacang panjang, 200 gram asparagus diblender dengan air secukupnya hingga tertampung 200 cc lalu direbus hingga mendidih dan airnya diminum hangat-hangat.

6. Kacang panjang untuk mengatasi kurang darah (anemia) 
200 gram kacang panjang, 100 gram anggur, hati ayam secukupnya dimasak sesuai selera, dimakan secara teratur.

7. Kacang panjang untuk menambah nafsu makan
100 gram kacang panjang, 40 gram temulawak, 3 buah kiam boi/sun boi direbus dengan air secukupnya, saring lalu airnya ditambakan madu secukupnya dan diminum.
 


8. Kacang panjang untuk mengatasi sembelit 
200 gram kacang panjang, 100 gram daun ubi jalar dimasak sesuai selera dimakan secara teratur.

9. Kacang sebagai obat anti-kanker 
Gunakan kacang panjang, buncis, brokoli, wortel masing-masing secukupnya dimasak menjadi tumisan dengan ditambah bumbu-bumbu hingga matang, dimakan secara teratur.

Catatan:
Lakukan 2 kali sehari secara teratur dan tetap konsultasi ke dokter; jahe merah dapat dibeli di pasar tradisional; Angco, kiam boi/sun boi dapat dibeli di toko obat herbal Cina atau supermarket.

Sebenarnya untuk hidup sehat itu sangat mudah dan tidak harus mahal. Kesehatan perlu diawali dengan pola hidup yang sehat seperti pola makan dan kebiasaan sehari-hari. Mengkonsumsi sayuran adalah cara yang sangat dianjurkan sebagai upaya membentuk pola hidup sehat. Namun cara memasak yang benar harus diperhatikan, seperti kacang panjang, jangan memasaknya sampai benar-benar layu dan berubah warna sebab akan mengurangi nutrisi yang ada serta mengurangi manfaat kacang panjang itu sendiri.
 
Tidak lupa, bagi Anda yang berminat untuk memulai usaha bertani kacang panjang atau menjadi penyalur/supplier benih kacang panjang berkualitas, dengan segala rahasia jangka panjangnya yang menguntungkan, Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan berbagai variates bibit/benih kacang panjang unggulan melalui e-mail: dewisri_seed@yahoo.com.
Kami tunggu, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar